AGAMA DAN PERADABAN

1.Pengertian dan Tipologi Agama

Berdasarkan sudut pandang bangsa indonesia, agama berasal dari kata sansakerta yang artinya tidak kacau. Ini mengandung pengertian bahwa agama adalah: suatu peraturan yang mengatur kehidupan manusia agar tidak kacau.

Menurut inti maknanya yang khusus, kata agama dapat disamakan dengan kata religion dalam bahasa Inggris, dan religidari akar kata belanda. Sedang dalam bahasa Arab, agama dikenal dengan kata al-din dan al-Milah. Al-din berarti agama sifatnya umum, artinya tidak ditunjukkan kepada salah satu agama. Ia adalah nama untuk setiap kepercayaan yang ada didunia ini.

Afif Muhammad (2004:9-10) mengemukakan ada dua pengertian penting dalam agama yaitu:

  • agama sebagai suatu doktrin dan ajaran yang termuat dalam kitab-kitab
  • agama sebagai aktualisasi, dari doktrin tersebut yang terdapat dalam sejarah.

Dilihat dari sudut kategori pemahaman manusia, agama memiliki dua

segi yang membedakan dalam perwujudannya yaitu:

  • a.segi kewajiban psychological state yaitu suatu kondisi subjektif atau kondisi kejiwaan manusia, berkenaan dengan apa yang dirasakan oleh penganut agama.
  • b.Segi kewajiban objective state yaitu suatu keadaan yang muncul ketika agama dinyatakan oleh penganutnya dalam berbagai ekspresi, baik ekspresi teologis, ritual, maupun persekutuan.

Menurut Jevens (Kahmad, 2000:16) berpendapat, kata religionberasal dari kata kerja dalam bahasa latin, religere, yang menunjukkan arti ibadat yang berasaskan pada ketundukan, rasa takut, dan hormat.

Adapun Herbert Spenser, sosiolog dari Inggris, dalam bukunya, Principle of sociology, berpendapat bahwa faktor utama dalam beragama adalah iman akan adanya kekuasaan yang tak terbatas, atau kekuasaan yang tidak dapat digambarkan batas waktu atau tempatnya.

Menurut E.B. Taylor, ahli antropologi budaya, dalam bukunya, the Primitive Culture, agama adalah keyakinan tentang adanya makhluk spiritual (roh-roh).

2.Paradigma Agama: Peradaban Manusia

Manusia dalam pandangan agama diposisikan sebagai makhluk yang memiliki bentuk yang sempurna, ia juga satu-satunya makhluk yang dibekali akal. Dengan potensi akal, maka Tuhan memberikan amanah kepada manusia, setelah amanah itu tidak diterima oleh langit, bumi dan gunung. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Ahzab ayat 72:

Yang artinya: “sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu, dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan di pikullah amanat6 itu oleh manusia.”

Dari ayat tersebut dapat di fahami bahwa kata amanah menurut ahli tafsir difahami dengan tugas-tugas keagamaan seperti:

  • -Tugas beribadah atau ritual
  • -Tugas memimpin bumi
  • -Tugas penyeru pada jalan kebenaran dan kebajikan

Ketiga tugas tersebut diemban oleh manusia agar hidup lebih bermakna dan beradab.

3.Konsep Dasar Peradaban

Menurut Huntington (dalam Ulumul Qur’an, 1993:12) bahwa peradaban adalah suatu entitas budaya. Bahwa desa-desa, daerah-daerah, kelompok-kelompok etnik, kebangsaan, kelompok keagamaan, semuanya mempunyai budaya dan tingkat keragaman budaya yang berbeda-beda.

Karena itu suatu peradaban adalah pengelompokan tertinggi orang-orang dengan tingkat identitas budaya yang paling luas yang dimiliki pleh mereka sehingga membedakannya dari spesies yang lain. Yang dibatasi oleh unsur objektif seperti bahasa, sejarah, agama, adat istiadat, dan lembaga-lembaga.

4.Garis-garis Pemisah Antarperadaban

Menurut Samuel P. Huntington (dalam Jurnal Ulumul Qur’an,1993) bahwa garis pemisah antarperadaban yang menggantikan batas-batas ideologi dan politik perang dingin, merupakan titik pijar bagi pertarungan dan pertumpahan darah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: